Rabu, 12 November 2014

Metode Pembelajaran dalam Matematika

Meskipun matematika adalah sebuah ilmu pasti, bukan berarti tidak ada pilihan metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Sama seperti mata pelajaran lain dalam pembelajaran matematikapun ada beberapa pilihan metode yang dapat dipakai.

Pemilihan metode dalam pembelajaran matematika ini dipakai agar bisa mencapai proses pembelajaran efektif dan efisien serta dapat menyenangkan bagi siswa.

1. Metode ceramah.

Dalam pembelajaran matematika metode ceramah bukan berarti anda sebagai seorang guru harus bercerita panjang lebar seperti pada pelajaran sejarah atau bahasa indonesia. Metode ceramah dalam pembelajaran matematika ini dapat dilakukan dengan penyampaian materi matematika dengan keterpaduan kata dan juga cara penyampaian yang seunik mungkin dan semenarik mungkin.

2. Metode berkelompok

Metode belajar secara berkelompok ini akan membuat pembelajaran matematika akan lebih optimal. Dalam metode berkelompok setiap anggota kelompok dapat saling bertukar pikiran membantu teman yang lain yang belum memahaminya. Sehingga saat mengerjakan soal matematika yang rumit akan menjadi lebih mudah saat dikerjakan bersama-sama.

3. Metode resistensi

Metode ini menuntut siswa dapat memahami materi pembelajaran dengan bahasanya sendiri. Hal ini akan membuat siswa lebih paham dan akan lebih tertanam didalam otak mereka.

4. Metode eksperimental

Metode ini dilakukan dengan cara mencoba mengerjakan soal setelah mendapatkan penjelasan tentang materi pembelajaran dari guru.

Semoga artikel tentang metode pembelajaran dalam matematika ini dapat anda ambil manfaatnya.

Baca juga artikel berikut :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar