Minggu, 22 Februari 2015

Kesalahan Orangtua dalam Mengajari Anak Berdisiplin

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya berdisiplin. Untuk itulah mereka membiasakan dan melatih anak untuk berdisiplin sejak usia dini. Tetapi, seringkali orangtua melakukan kesalahan saat mengajari anaknya berdisiplin.


Beberapa kesalahan yang seringkali orangtua lakukan saat mengajari anak berdisiplin :
a. Lepas kontrol
Jika anda mulai marah tetaplah bersabar dan mengontrol diri anda. Jangan berteriak apalagi memukul anak karena mungkin anak juga akan berteriak terhadap anda sebagai balasannya.

b. Menggunakan kalimat negatif
Sangat disarankan untuk memberitahu apa saja yang boleh anak lakukan dan apa saja yang tidak boleh dilakukan anak. Didiklah anak menggunakan kalimat positif dan berilah pujian pada anak jika mereka melakukan sesuatu dengan benar.

c. Melanggar aturan
Orangtua yang membuat aturan, namun seringkali orangtua yang melanggar aturan tersebut. Misalnya orangtua membuat aturan tidak boleh menyalakan televisi pada jam belajar, tetapi justu orangtua menonton televisi saat anak belajar. Jika orangtua melanggar aturan segeralah minta maaf dan akui kesalahan.

d. Memberi imbalan
Hindari memberi imbalan dalam mendidik anak. Hal ini akan membuat anak melakukan sesuatu dengan harapan akan mendapat imbalan.

e. Disiplin tetapi tidak konsisten
Menjalani aturan yang telah anda buat tanpa negosiasi imbalan atau disertai ancaman. Misalnya saat anak tidak mau berhenti bermain game orangtua mengancam akan memotong uang sakunya.

f. Terlalu banyak berharap

Umumnya anak-anak ingin menghabiskan waktu dengan bermain. Jika anak melanggar aturan sebaiknya ingatkan dengan lembut dan beri pujian jika anak mentaat peraturan tersebut.

g. Metode disiplin yang kurang tepat 

Jika anak melanggar aturan jangan langsung memberi hukuman. Sebaiknya analisis dulu mengapa anak melanggar aturan tersebut. Sebaiknya aturan yang anda buat disesuaikan dengan kepribadian dan usia anak.
Artikel menarik lainnya :
 kohesi dan adhesi beserta contohnya
pengertian lensa cembung dan cekung
gangguan pada sistem pencernaan manusia dan cara mengatasinya
 resonansi pada pipa organa terbuka
 energi dan usaha fisika kelas xi
 materi usaha dan energi kelas x smk
 soal usaha dan energi sma

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar