Kamis, 19 Februari 2015

Tips Merawat Buku

Buku merupakan jendela dunia. Bagi anda yang suka membaca dan mengoleksi buku pasti sependapat dengan istilah tersebut. Buku-buku harus dirawat dengan baik agar awet, apalagi jika buku itu dibeli dengan harga yang mahal atau hadiah dari seseorang akan sangat disayangkan jika buku tersebut rusak.


Berikut tips merawat buku :
1. Pegang buku dengan tangan bersih
Usahakan untuk selalu memegang buku dengan tangan yang bersih. Tangan yang kotor atau masih menyisakan sisa makanan dapat merusak buku.

2. Bersihkan buku secara rutin
Buku-buku yang didiamkan di dalam lemari ataupun rak buku pasti akan usang karena ditempeli oleh debu dan kotoran lainnya. Bersihkan buku dan tempat penyimpanannya dengan rutin.

3. Beri kamper pada tempat penyimpanan buku
Kamper atau kapur barus yang berada disekitar buku akan mengusir semut dan kutu buku yang akan merusak halaman buku. Kamper tersebut juga dapat mengurangi kelembaban di dalam penyimpanan buku.

4. Berikan sampul pada buku

Sebaiknya gunakan sampul buku dari bahan mika yang tebal dan selotif. Jangan gunakan stepler karena akan berkarat dan merusak buku.

5. Jangan melipat halaman buku

Melipat halaman buku dapat merusak buku. Sebaiknya gunakan potongan kertas untuk menandai halaman yang telah anda baca dan tidak melipatnya.
Artikel menarik lainnya :
glbb fisika
gaya gesek fisika
pemantulan cahaya cermin cembung
pembiasan cahaya
hukum gravitasi newton
cepat rambat bunyi
definisi gaya dalam fisika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar