Rabu, 25 Februari 2015

Sistem Pencernaan Pada Manusia

Salah satu ciri makhluk hidup diantaranya adalah membutuhkan makanan. Makanan yang dikonsumsi oleh manusia pada akhirnya diuraikan oleh sistem pencernaan untuk diproses dan dirubah menjadi sumber energi bagi manusia, selain itu sistem pencernaan juga berfungsi menyerap sari-sari makanan yang berbentuk nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia. Pada saat manusia mengkonsumsi makanan maka pada saat itu sistem pencernaan manusia bekerja untuk memecahkan molekul yang kompleks menjadi sederhana dan dibantu oleh enzim sehingga makanan dapat dengan mudah dicerna. Pencernaan merupakan salah satu sistem yang penting didalam tubuh manusia oleh karena itu sangat penting pula bagi kita untuk mempelajari tentang bagian sistem pencernaan yang ada pada tubuh manusia. Bagi anda yang belum mengetahui apa sajakah bagian sistem pencernaan yang ada pada manusia ? simak dan bacalah artikel dibawah ini, karena disini akan kita bahas tentang sistem pencernaan pada tubuh manusia.
Sistem pencernaan manusia hampir sama dengan sistem pencernaan pada makhluk hidup lainnya yang mempunyai mulut, usus, lambung, dan anus untuk mengeluarkan kotoran-kotorannya. Proses pencernaan pada manusia dibagi menjadi 5 bagian yaitu:
1. Injesti
Kegiatan atau proses saat kita memasukan makanan kedalam mulut hal itu disebut dengan injesti.
2. Pencernaan Mekanik
Pencernaan mekanik yaitu pencernaan yang dilakukan didalam mulut seseorang berupa mengunyah makanan sehinnga bentuk dari makanan itu berubah menjadi lebih lembut, hal ini biasa dilakukan menggunakan gigi.
3. Pencernaan kimiawi
Proses pencernaan mekanik pada dasarnya untuk membantu proses pencernaan kimiawi. Pencernaan kimiawi yaitu proses untuk merubah molekul yang komplek menjadi sederhana. Sistem pencernaan ini dibantu oleh enzim, air, asam.
4. Penyerapan
Pergerakan nutrisi yang beralih dari sistem pencernaan menuju sistem sirkulator.
5. Penyingkiran
Suatu proses pembuangan sisa-sisa material yang tidak dapat dicerna oleh tubuh dan dikeluarkan melalui anus.

artikel menarik yang lain
sistem pencernaan pada manusia
anggota tata surya
teori pembentukan tata surya
tatasurya
sistem gerak pada ikan
fungsi sistem gerak pada manusia
pendidikan islam pada zaman bani umayyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar