Kamis, 26 Februari 2015

Struktur Dan Fungsi Jaringan Hewan

Hewan terbagi menjadi dua yaitu hewan bersel satu dan bersel banyak. Kumpulan sel dari hewan bersel banyak memiliki fungsi fungsi untuk membentuk jaringan dan jaringan tersebut bergabung membentuk organ tubuh. Dari organ tubuh tersebut akan tersusun sistem organ tubuh yang pada akhirnya akan menjadi organisme hewan.
1. Jaringan Embrio

Jaringan ini hasil dari pembelahan zigot. Jaringan embrio dibagi menjadi 3 jaringan yaitu lapisan luar, tengah, dan dalam.

2. Jaringan Epitelium

Jaringan epitelium adalah jaringan yang menutupi permukaan tubuh bagian luar dan dalam. Jaringan tubuh bagian luar memiliki jaringan berupa kulit, sedangkan bagian dalam berupa usus. Jaringan epitelium dibagi berdasarkan jumlah sel dan bentuk dan juga berdasarkan stuktuk dan fungsi.

Epitelium berdasarkan jumlah dan bentuk terdiri dari epitelium sederhana yang terdiri dari satu lapis dan epitelium berlapis yang terdiri dari berlapis-lapis sel. Epitelium sederhana berbentuk pipih sedangkan epitelium berlapis berbentuk kubus.

Epitelium berdasarkan struktur dan fungsi terdiri dari epitelium penutup, kelenjar dan eksokrin. Epitelium penutup bertugas melapisi bagian permukaan tubuh. Epitelium kelenjar terdiri dari dua yaitu eksokrin dan endokrin.


Artikel terkait :
sistem pencernaan pada manusia dan hewan
anggota tata surya dan penjelasannya
teori pembentukan tata surya menurut teori bintang kembar
tatasurya download
sistem gerak pada hewan mamalia
tuliskan fungsi sistem gerak pada manusia
sejarah pendidikan islam pada zaman bani umayyah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar